Jamu Racikan Setelah Melahirkan Untuk Ibu Muda

Jamu racikan setelah melahirkan, Bayi yang sehat setelah melahirkan dan badan yang bisa cepat kembali langsing seperti semula adalah dambaan para ibu muda. Banyak perawatan dan obat yang di tawarkan setelah melahirkan, namun banyak ibu muda yang lebih memilih perawatan tradisional dan jamu racikan khusus pasca melahirkan.

Jamu Racikan Setelah Melahirkan

{tocify} $title={Daftar Isi}
Melahirkan secara normal memang menjadi pilihan utama para ibu muda begitu juga dengan perawatan dan jamu tradisional pasca melahirkan. Meski di zaman modern ini ada metode proses persalinan dengan operasi Caesar, namun banyak calon ibu yang memilih melakukan proses persalinan secara normal.

Alasannya sederhana, proses bersalin dengan cara normal di nilai lebih baik dari pada proses persalinan dengan metode operasi Caesar dilihat dari efek jangka panjangnya. Begitu juga dengan obat, para ibu muda lebih memilih mengkonsumsi jamu racikan khusus melahirkan daripada mengkonsumsi obat-obatan modern.

Jamu Racikan Setelah Melahirkan Untuk Ibu Muda

Lalu apa saja jamu racikan khusus pasca melahirkan itu?

Jamu Kunyit Asam

Senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit akan membantu mempercepat pemulihan ibu muda pasca melahirkan. Selain itu jamu kunyit asam juga bisa mengencangkan otot yang kendur selama kehamilan, khususnya untuk khasiat mengencangkan otot kemaluan wanita agar kembali rapat dan mengembalikan tubuh agar singset.


Jamu Beras Kencur

Beras kencur punya banyak khasiat untuk pemulihan kesehatan tubuh setelah melahirkan, diantaranya membuat badan segar dan bugar, mengurangi pegal-pegal, mengembalikan stamina, sebagai diet alami yang aman, dan bisa memperlancar ASI. Kita bisa membelinya atau membuatnya sendiri seperti cara berikut ini :


Jamu Daun Pepaya

Jamu ini memang tidak terlalu dikenal dikalangan masyarakat modern, tapi punya banyak khasiat khusus bagi para ibu setelah melahirkan. Daun pepaya bermanfaat membantu mengembalikan betuk tubuh yang melar pasca hamil. Selain itu jamu ini bisa mencegah demam saat nifas, melancarkan ASI, menghilangkan jerawat, dan mengatasi keputihan.

Untuk membuatnya siapkan bahan berikut:
  • 7 gram daun pepaya
  • 7 gram asam jawa
  • 7 gram daun sambiloto
  • Jinten secukupnya
  • 10 gram kayu rapet
  • 10 gram daun sendok
  • 7 gram daun iler
  • 2 gelas air

Cara membuat jamu daun pepaya :
  1. Cuci dan tumbuk halus semua bahan.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu masukan semua bahan
  3. Aduk sebentar dan diamkan sesaat agar sari-sarinya mengental.
  4. Angkat dan saring dari endapan jamu yang tersisa

Aturan minum :
  • Jamu daun papaya ini bisa dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.
  • Siapkan madu atau gula jawa untuk penawar pahit.

Jamu Racikan Kayu Manis Dan Jahe

Kayu manis dan jahe termasuk rempah-rempah yang aman dikonsumsi para ibu setelah melahirkan. Ramuan ini mampu memulihkan stamina dan juga meningkatkan sistem imun pada tubuh agar kembali sehat dan bugar, karena saat melahirkan banyak tenaga yang terkuras dan tubuh menjadi lemah.

Cara membuat jamu racikan kayu manis dan jahe :
  1. Campurkan kayu manis, jahe, air, beras, asam jawa, pulo sari, dan juga bengle.
  2. Rebus hingga mendidih, saring dan langsung bisa dikonsumsi saat hangat.

Catatan : meminum Jamu racikan setelah melahirkan di atas HANYA UNTUK para ibu yang melahirkan dengan metode PERSALINAN NORMAL. Untuk yang melakukan proses bersalin dengan Caesar harus dengan rekomendasi pakar herbal karena di khawatirkan terjadi efek samping.

Demikian untuk Jamu Racikan Setelah Melahirkan Untuk Ibu Muda, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk semua jangan lupa bagikan artikel ini. Selamat mencoba!
Baca Juga

Komentar

Previous Post Next Post